Rabu, 28 Oktober 2015

Antara Ilmu dan Harta ( #30 DWC hari pertama )

Ilmu dan harta,ya dua kata yang sudah lumrah dalam keseharian kita tentunya.Lalu apa sih sebenarnya perbedaan antara dua kata tersebut? kemudian mana yang lebih baik? .Oh ya sebelum kita bahas perbedaan antara ilmu dan harta saya kasih tau dulu,ilmu yang saya maksud disini adalah ilmu pengetahuan bukan ilmu gimana si dia tambah sayang sama kamu.hehe...


Mungkin sebagian sudah tau apa perbedaan antara ilmu dan harta.Atau ada juga yang udah hafal banget perbedaan keduanya karena saking fahamnya.


Yang belum tau apa perbedaan antara ilmu dan harta tenang aja pada tulisan kali ini saya kasih tau deh beberapa perbedaan ilmu dan harta.Terus buat yang udah tau gimana dong? tetap baca hitung-hitung buat mengulang ingatan kamu supaya sih dia tambah awet dalam ingatan kamu.maksudnya supaya dua kata ini tetap awet dalam ingatan kamu.


sekarang kita akan bahas apa perbedaan kedua kata ini sesuai dengan judulnya"perbedaan antara ilmu dan harta".Ali bin Abu Thalib menegaskan bahwa kelebihan antara ilmu pengetahuan daripada harta adalah:



1. Ilmu  lebih mulia dari harta,karena ilmu menjaga manusia sedangkan harta di jaga oleh manusia.


     
Orang yang memiliki ilmu pengetahuan tentunya hidupnya akan lebih terarah dan terhindar dari perbuatan yang merusak.Baik bagi dirinya maupun orang lain karena apa?karena ilmu pengetahuan yang ia miliki senantiasa menjaganya dari kemungkaran dunia maupun akhirat kelak.Berbeda dengan harta,harta tentu harus di jaga sama yang punya.Kalau gak di jaga bisa-bisa pacar kamu diembat orang     maksudnya harta kamu diembat orang (di maling).



2.Orang berilmu banyak kawannya sedangkan orang yang banyak hartanya banyak musuhnya.



Misalnya kamu punya dua teman.Si A orangnya mengerti ilmu pengetahuan,semantara si B nggak punya ilmu pengetahuan sama sekali.Kamu pilih berteman sama si A apa si B? tentu kamu akan memilih berteman sama si A dibanding si B yang nggak punya ilmu pengetahuan sama sekali ya kan.Gak logis banget jika kamu bilang mau temenan sama si B daripada si A, bisa aja sih kamu lakukan itu.Mungkin  aja kamu punya maksud lain sama si B.Sebenarnya kamu bukan mau temenan sama dia tapi demen sama dia.yaele...
Artinya apa,orang yang memiliki ilmu pengetahuan pasti banyak temannya .


Berbeda dengan harta,orang yang banyak hartanya banyak lawannya,hal itu sangat mungkin terjadi karena zaman sekarang harta merupakan salah satu hal yang dikejar manusia dan berlomba-lomba meraihnya.Tidak peduli mau bagaimana caranya sehingga bermusuhan sekali pun itu sudah tidak menjadi masalah lagi bagi mereka yang sudah gila harta.



3. Ilmu bila diberikan akan bertambah,harta bila diberikan akan berkurang.



Ilmu pengetahuan yang kita berikan kepada orang lain  tidak akan pernah habis tidak peduli sesering apa kamu berikan kepada orang lain.Sebenarnya secara tidak sadar dengan kamu sering memberikan atau mengajarkannya,ilmu pengetahuan itu akan semakin bertambah dan semakin kamu kuasai.Saya sarankan kamu untuk membuktikannya langsung!


Lain dengan harta,jumlahnya akan semakin berkurang  jika kamu berikan kepada orang lain.Contohnya kamu punya total harta senilai 150 Triliun,hei....udah menghayal aja ini cuma contoh  kok jangan kejauhan dulu.*damai
Terus kamu kasih hartamu sama saudaramu sebanyak 1 Triliun setelah kamu kasih harta kamu sama saudaramu harta kamu bertambah atau berkurang?.Ya benar jawabannya berkurang.


Asal tau aja nggak semua harta akan berkurang jika di berikan,ada yang bisa bertambah jika kita berikan pada orang lain.Loh kok bisa.Ya biasalah mau tau caranya gimana.pada nggak sabaran kan mau tau? Caranya mudah kok kamu cuma harus rajin mensedekahkan harta yang kamu punya,tapi ada syaratnya.Syaratnya apa,syaratnya kamu harus bersedekah dengan  "  niat ikhlas mengharap ridho ALLAH SWT "  bukan mengharap ridho orang tua si dia biar direstui sama anaknya.cie...



4. Ilmu tidak dapat diketahui jumlahnya sedangkan harta bisa di ketahui jumlahnya.


   
Sepintar apa pun seseorang dia tidak akan bisa menghitung banyaknya ilmu pengetahuan yang dimiliki orang lain,karena yang namanya ilmu pengetahuan tetap tidak akan bisa di ketahui jumlahnya.Namun untuk menghitung harta kekayaan yang dimiliki seseorang itu mudah saja,sebanyak apa pun harta yang dimilikinya pasti bisa dihitung oleh orang lain,Sebab itulah ada gelar orang terkaya di dunia.


Seseorang bisa di bilang begitu karena harta kekayaannya sudah tau berapa jumlahnya barulah ada predikat orang terkaya dunia tersebut.Ayo siapa yang mau dapat sebutan orang terkaya dunia,kalau kamu mau  ya usaha dong emang bisa kamu langsung kaya hanya dengan "bimsalabim"aja.hehe...



5. Ilmu tidak bisa dicuri,sebaliknya harta bisa di curi.



Untuk mencuri harta  itu bisa dilakukan bahkan sangat mudah dilakukan berbeda dengan ilmu.Ilmu tidak akan bisa dicuri meski dengan cara apa pun itu.Walau pun ada yang bilang harus pandai-pandai mencuri ilmu,mungkin itu bisa diakukan gimana caranya?.Meskipun ada yang berhasil mendapatkan hati kamu,maksudnya ilmu kamu.Tapi ilmu yang kamu punya nggak ilang kan,itu tandanya ilmu pengetahuan tidak bisa di curi meski dengan cara apa pun itu.




6. Ilmu tidak akan bisa habis sebelum pemiliknya meninggal,sedangkan harta bisa lenyap sebelum pemiliknya meninggal.



Ilmu itu tidak akan pernah habis sebelum pemiliknya meninggal bahkan setelah pemiliknya meninggal sekali pun.Sebaliknya harta akan sangat mungkin sekali lenyap sebelum pemiliknya meninggal,coba deh lihat dalam kehidupan ini.Banyak banget loh contohnya,ada yang hanya dengan kebakaran saja semua hartanya lenyap tanpa ada sisa sedikit pun karena semuanya udah dilahap sama si jago merah .


Bisa saja cara lain yang kelihatannya bagi manusia tidak mungkin untuk terjadi.Karena tidak ada yang tidak mungkin terjadi di dunia ini bro,jika ALLAH dzat yang maha kuasa sudah berkehendak hal yang tidak mungkin sekali pun bisa terjadi hanya dengan  " kunfayakun "  jadilah maka jadilah.


So kamu mau pilih yang mana ilmu apa harta?.
Tentu kita akan lebih memilih ilmu,tapi jika ada yang mau dua-duanya itu jauh lebih baik.Tapi ingat! pergunakanlah harta yang kamu punya sesuai dengan kaidah yang ada dalam ajaran islam karena dengan begitu kamu akan merasakan berkah dari apa yang kamu miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar