Rabu, 28 Oktober 2015

Bangkitkan kembali semangat generasi muda melalaui Semangat Sumpah Pemuda ( #30DWC hari kedua )



Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 oktober 1928,berarti pada 28 oktober 2015 ,ini adalah hari sumpah pemuda yang ke-87 tahun.


Sumpah Pemuda adalah hasil kongres Pemuda II yang merupakan gambaran semangat membara para pemuda dan pemudi indonesia,sumpah pemuda inilah yang menjadi salah satu tonggak awal kemerdekaan Indonesia.  
Pada sumpah pemuda terdapat tiga ikrar.Apa saja ketiga ikrar tersebut,simak yang di bawah ini.


Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Saya rasa itu sudah cukup sebagai pembuka tulisan saya kali ini.
Meskipun hari sumpah pemuda ini sudah kelewat satu hari,karena hari sumpah pemuda itu adalah kemarin " 28 oktober " tapi semangat kita sebagai pemuda dan pemudi penerus bangsa tidak boleh lewat.Melalui momen sumpah pemuda ini saya mau mengajak kita mengevaluasi diri kita dan mengambil hikmah yang terkandung pada sumpah pemuda ini.karena bagaimana dan seperti apa bangsa ini kedepannya ada pada tangan kita pemuda dan pemudi penerus bangsa.


Berkualitas atau tidaknya suatu negara itu bisa di lihat dari generasi muda yang dimilikinya.kenapa generasi mudanya?karena generasi inilah yang nantinya akan melanjutkan perjuangan bangsa kedepannya.Mengantikan generasi yang kini sudah mulai senja.Sekarang kita lihatlah bagaimana generasi muda bangsa saat ini


  • Sudahkah  kita mampu melanjutkan cita-cita dan harapan yang disandarkan pada kita?.

  • apakah kita hanya akan membuat semua cita-cita itu hanya menjadi harapan yang selamanya tetap menjadi harapan? 

  • atau membuat semua cita-cita dan harapan itu sirna karena kecerobohan kita?



Entahlah,itu semua tergantung pada diri kita dan bagaimana masing masing kita menyikapinya.Jika ingin bangsa ini makmur dan menjadi negara yang kita impikan selama ini,maka kita harus berbenah dan berbuat untuk bangsa ini.Jangan hanya selalu menanyakan apa yang telah bangsa ini lakukan untuk kita.Tapi tanyakanlah apa yang sudah kita beri dan lakukan untuk bangsa ini.


Memang terkadang kita terlalu egois dan masa bodoh dengan apa yang terjadi pada bangsa ini,bahkan diri ini sendiri selalu begitu.Kita tidak mau tau apa yang terjadi dengan bangsa ini .Selalu saja menuntut bahwa apa yang terjadi pada bangsa ini adalah tanggung jawab mereka pejabat pemerintah "mereka pemerintah aja nggak peduli sama bangsa ini ngapain kita yang repot itukan tugas mereka".


Pernahkah kalian mendengar ucapan seperi itu? atau kalian sendiri yang berkata seperti itu.Itu nggak salah sih memang itu tugas mereka.Tapi yang salah adalah Jika kita hanya mengharap dan mengandalkan pemerintah saja untuk perubahan bangsa ini.Lalu apa peran kita untuk bangsa ini? Apakah hanya mau menikmati dan selalu menuntut yang terbaik saja,sementara kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.


Teman hidup ini ibarat sebuah buku,ALLAH menyediakan pena( takdir ) dan kitalah yang menuliskannya ( nasib ).Begitu juga dengan bangsa ini kedepannya,baik buruk dan maju tidaknya bangsa ini ada pada tangan kita generasi muda harapan bangsa ini.


Jika kita selalu saja seperti ini dan tak mau berbuat untuk kemajuan bangsa ini,tentu sudah bisa kita bayangkan bagaimana bangsa tercinta ini di masa akan datang.Jangan hanya mau "mengharap" ,tapi jadilah yang "diharapkan" karena itu jauh lebih baik.


Banyak hikmah dari sumpah pemuda ini.Beberpa diantaranya

1. Semakin cinta kepada bangsa dan negara Indonesia.

2. Menambah komitmen kepada bangsa dan negara Indonesia.

3. Membangkitkan semangat untuk perubahan bangsa dan negara ini.

4. Mewujudkan cita-cita bangsa dan negara indonesia.


Melalui momen sumpah pemuda ini mari kita bangkitkan semangat kita pemuda dan pemudi  yang diharapkan bangsa untuk mewujudkan cita-cita dan harapan bangsa yang di sandarkan pada kita.Jangan sampai kita merusak semua harapan bangsa kepada kita,buktikan baktimu pada bangsa ini,jangan hanya berkata saja karena perkataan tanpa bukti itu sama saja omong kosong.Dan jangan sampai semua pengorbanan yang dilakukan pemuda dan pahlawan bangsa untuk kita menjadi sia-sia karena kelalaian kita yang tidak mau sadar bahwa kita adalah harapan besar bangsa ini.


Ayo tunggu apa lagi mulailah bergerak lakukanlah apa yang bisa kita lakukan untuk perubahan bangsa ini,serta wujudkan cita-cita bangsa ini menjadi kenyataan.Buatlah bangsa ini bangga memilikimu generasi muda sepertimu yang mau "berbuat" bukan hanya "berkata".


Selamat hari Sumpah Pemuda.
Walaupun udah kelewat 1 hari,tetap semangat pemuda pemudi indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar