Sabtu, 31 Oktober 2015

Pentingnya Punya Jadwal Kegiatan Harian (#30DWC hari ke-7)


Dalam keseharian kita banyak banget aktivitas yang kita lakukan sehingga kita jadi kewalahan untuk mengaturnya.Padahal seharusnya sehari semalam kita punya waktu 24 jam lamanya,jika di pikir-pikir nggak bakalan ada lagi yang di khawatirkan.


Tapi apa yang terjadi,kita masih aja kewalahan sama aktivitas yang menggunung yang bikin kita jadi galau.Karena apa? Karena kita nggak pinter-pinter ngatur waktu yang kita punya.
Terus apa solusinya dong .Solusi nya mudah dan ngak perlu dana yang banyak kok.nggak menguras kantong dan ramah lingkungan.


Kamu cuma harus punya jadwal kegiatan harian.Ya, jadwal kegiatan harian.Dengan punya jadwal kegiatan harian waktu yang kita punya jadi lebih teratur .Tuliskan apa saja kegiatan kamu dalam seharian mulai dari kamu bangun sampai tidur dan bangun lagi.Maksudnya pikirkan apa saja kegiatan kamu dalam seharian itu.Kamu bisa membuat jadwal harian sesuai yang kamu inginkan tapi aturlah jadwal kegiatan itu dengan baik sebagaiman kebutuhan kamu dalam seharian itu.


Malas bikin jadwalnya hari? jika kamu malas bikin jadwal tiap hari kamu bisa bikin jadwal kegiatan mingguan atau bulanan.Sesuai kemauan kamu,tapi alangkah baiknya jika kamu memiih jadwal kegiatan harian dari pada mingguan atau bulanan.Karena aktivitas kita seharian pastinya tidak akan sama setiap hari.Jika kamu bisa mengatur dengan baik tentu nggak masalah,yang jadi masalah jika kamu kebingungan karena kegiatan kamu setiap hari berubah-ubah.Ini beberapa cara untuk membuat jadwal kegiatan harian.


Buatlah catatan rencana kegiatan kamu untuk besok.


Ini sangat penting karena dengan membuat catatan itu akan membuat kita lebih mudah mengingat kegiatan apa saja yang harus kita lakukan dalam seharian besok.Nggak mungkin kan kamu bisa mengingat semua kegiatan harian yang berjibun begitu aja.Dari pada kamu bingung mikirin apa kegiatan selanjutnya yang harus kamu lakukan lebih baik di tulis.Lebih hemat waktu dan pastinya ini akan mempermudah kamu dalam melaksanakan kegiatan kamu.


Buatlah catatan itu sebelum kamu tidur di malam hari.

Kenapa harus di malam hari.Karena kamu akan lebih mudah menjalankan kegiatan di keesokan hari jika sudah di buat di malam harinya.Nggak mungkin kan kamu butuh itu sekarang kamu bikin sekarang juga.pasti kamu akan kewalahan dan hasilnya nggak maksimal lagi.Karena jika kamu bikin di malam hari kamu bisa merencanakan dengan baik apa saja kegiatan kamu esok hari dan menyusunnya  dengan baik sesuai kebutuhan.selain itu kamu bisa menargetkan kamu bangun jam berapa untuk besok.Sehingga apa yang kamu lakukan seharian itu terdaftar dengan baik, pemanfaatan waktu juga lebih efektif.


Dalam menyusun jadwal dahulukan mana yang terpenting diantara yang terpenting.


Dalam seharian kita punya banyak banget aktivitas yang menurut kita semua itu penting untuk dilakukan.Lalu bagaiman cara kita untuk memasukkan ini dalam jadwal yang sedang di buat karena jika melihat waktu rasanya nggak mungkin di lakukan semua nggak cukup waktu.Caranya mudah kok kamu harus memprioritaskan mana yang lebih terpenting  antara  yang penting ,dari semua rencana kamu untuk seharian itu. Misalnya antara telponan sama si dia sama mengulangi pelajaran sekolah tadi.Tentu kamu harus memilih mengulangi pelajaran daripada telponan sama si dia  yang cuma buang-buang waktu,mending belajar ya nggak? pergunakan untuk yang lebih penting.Tapi kalau nggak tau kabar dia sehari nanti aku khawatir.udahlah  nggak usah terlalu lebar.Ingat dahulukan yang terpenting diantara semua kegiatan yang menurut kamu penting!


Disiplin dalam menjalankan jadwal yang kamu buat.

Disiplin adalah kunci dari kesuksesan terhadap apa pun yang kamu lakukan.Disiplin yang baik akan membawa pada hasil akhir yang sesuai dengan harapan kita.Memang sulit sekali untuk disiplin jika kita belum terbiasa cobalah paksakan diri kamu untuk disiplin dan belajarlah perlahan-lahan menerapkan disiplin dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan mulailah dari yang kecil seperti disiplin menjalankan jadwal yang kamu punya.


Buatlah peraturan untuk dirimu agar di disiplin dalam menjalankan jadwal.


Misalnya kamu dengan memberi hukuman pada dirimu jika kamu meninggalkan atau menjalankan kegiatan tidak sesuai dengan jadwal yang kamu punya.Contohnya dengan menyapu halaman atau menyiram bunga.Jangan sampai hanya karena kamu tidak disiplin menjalankan satu kegiatan saja kamu menghukum dirimu push up 100 kali.Sedikit saja jangan berlebihan hanya sekedar supaya kamu jera saja.Itu bahaya loh.


Letakkan catatan itu pada tempat yang sering kamu lihat


Misalnya di meja belajar,di tas atau ditempat yang kamu bisa melihatnya sesering mungkin.Jadi ketika ingin memeriksa apa kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan kamu nggak kewalahan untuk mencarinya.


Periksa jadwal kegiatan kamu sebelum melakukan aktivitas selanjutnya


Ini akan sangat berguna bagi kamu supaya terhindar dari kesalahan saat menjalakan kegiatan kamu.Sehingga apa yang kamu lakukan sesuai dengan apa yang sudah kamu jadwalkan.


Coret kegiatan yang sudah kamu lakukan


Kami akan lebih mudah untuk melihat mana kegiatan yang sudah dilakukan dan mana yang belum.Selain itu ketika kamu  menyeretnya kamu akan merasa puas dan senang ketika tau kamu berhasil melakukannya dengan baik.


Setelah semua kegiatan kamu selesai dan berjalan dengan baik buatlah kembali jadwal kegiatan baru untuk hari selanjutnya.


Setelah semua kegiatan kamu berjalan lancar buatlah kembali jadwal baru untuk besok,seperti yang telah di lakukan sebelumya dan begitulah seterusnya.


Ada banyak manfaat jika kamu punya jadwal kegiatan harian ini diiantaranya


  • Kamu akan lebih disiplin dalam menjalankan kegiatan yang kamu punya. 

  • Semua kegiatan kamu akan lebih terarah dengan baik.

  • Kamu akan lebih menghargai waktu,karena waktu itu sangat berharga walau hanya semenit. 

  • Dan manfaat yang paling besar adalah kamu belajar untuk bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri dan apa yang kamu lakukan selama sehari penuh. 


Setiap hari kita punya banyak momen berharga dan kegiatan penting yang menuntut untuk dilakukan.Dengan jadwal kegiatan harian yang kita punya hendaknya bisa membantu kita memanfaatkan waktu yang ada dengan baik .Sehingga tidak ada yang tersia-siakan dan apa pun yang kita lakukan lebih terarah dan jelas serta tujuan kita tergambar dengan benar.Tentunya keberhasilan yang kita inginkan lebih mudah untuk tercapai karena arahnya sudah jelas.Cobalah buktikan hal ini,Maka kamu akan merasakan manfaat besar dengan memiliki jadwal kegiatan harian ini.

Selamat mencoba... 


#30DWC hari ke-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar