Rabu, 25 November 2015

Hari Guru : Sosok seorang guru ( #30 DWC )


Tulisan ini saya tulis khusus untuk sosok dunia yang luar biasa yaitu GURU.

Hari ini tanggal 25 NOPEMBER 2015, adalah hut PGRI yang ke 70. Hari dia mana kita memperingati hari besar dan bersejarah bagi seluruh guru di indonesia. Sebagai bentuk penghargaan akan jasa dan pengabdian seorang guru tanpa mengharap balas jasa. Bagaimana tidak, guru adalah seorang sosok yang membuat dunia ini bersinar. Tanpa adanya seorang guru dunia ini akan suram bahkan seperi benda mati yang tidak ada gunanya sama sekali. Sosok yang luar biasa seperti presiden, bupati, dokter apa pun itu semua terlahir dari kegigihan seorang guru. Tanpa guru mereka tidak akan ada, dan tidak bisa sukses seperti itu. Jadi sudah sepantasnya penghargaan ini kita berikan untuk para guru, bahkan sepatutnya lebih dari ini.

Dengan penuh kesabaran seorang guru membuat anak didiknya cerdas dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Tanpa memikirkan lelah, tak pernah mengharap balas jasa.Bahkan ketika anak didiknya mengeluh, dengan sabar sosok seorang guru mengayomi keluhan itu agar kembali semangat dalam menuntut ilmu.

Guru pahlawan tanpa jasa, kenapa ? Karena seorang guru tidak pernah mengharap balas jasa kepada anak didiknya. Walaupun hanya setetes balasan dari limpahan jasanya pada anak didiknya. Yang mereka inginkan hanyalah bagaimana supaya anak didiknya nanti ketika dewasa berhasil menggapai cita-citanya. Hanya itu yang di inginkan seorang guru.

"Nak, kami cuma ingin ketika kalian sudah besar nanti dan bertemu dengan kami nantinya. Kalian bertemu kami dalam keadaan senang dan bangga menyepa kami,kalian tidak malu menegur kami. Kalian bangga menegur kami dan berkata " Pak/Ibu masih ingat saya ? saya anak murid Bapak/Ibu ketika di SMA".  Ketika itu kalian sudah menjadi orang sukses, cuma itu yang kami harapkan dari kalian nak, kami tidak mengharap uang kalian ketika kita berjumpa di suatu masa nanti. Kami hanya menginnginkan satu harapan dari kalian. Kami berharap kalian menjadi orang yang berhasil nantinya, orang yang cerdas dan di pakai orang nak!. Jujur itulah kebanggaan terbesar yang tidak ada tandingannya, melihat anak didik kita berhasil diri ini bangga, luar biasa senangnya. Kalian juga akan merasakan ini jika kelak kalian menjadi seorang guru"

Ini bukan karangan saya loh, ini adalah ungkapan yang di sampaikan oleh guru saya di sekolah, waktu itu jam belajar. Gak sekali dan gak cuma satu orang guru yang berkata seperti ini, mungkin semua guru hanya menginginkan ini melihat anak didiknya berhasil. Saya lupa kenapa waktu itu sampai kesini. Guru saya selalu memberi nasehat dan selalu memotivasi kami. Sungguh saya bangga pada sosok seorang guru, yang begitu mulia tugasnya, mencerdaskan anak bangsa.

Melalui moment hari guru ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tidak bisa saya ibaratkan dengan apa pun rasanya. Karena jasa guru pada diri ini begitu besar dan tidak mungkin bisa saya balas. Tidak ada hadiah yang mampu membayar jasamu guruku. 

Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih atas jasa semua guru karena telah menjadi guru dalam perjalanan saya menuntut ilmu selama ini. Saya hanya bisa mendoakan dan berusaha membuat kalian bangga kepada saya seperti impian kalian guru. Tetaplah menjadi sosok dan panutan yang terbaik bagi kami anak didikmu dan semakin gigih dalam menjalankan tugas muliamu mencerdaskan anak bangsa. Hanya allah lah yang bisa membalas jasamu guruku.Terima kasih guruku atas jasamu padaku selama ini.

Selamat hari guru untuk guruku tercinta dan seluruh guru yang ada di indonesia.



#30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar