Rabu, 25 November 2015

Memaknai Kegagalan ( #30DWC )


Gagal, satu kata yang sarat makna. Semua orang tidak menginginkan kata ini, apalagi bersahabat denganya. Siapa sih yang mau persahabatan sama yang namanya kegagalan, gak ada kan. Nah apa penyebab sesorang gagal ?

  • Kurang perencanaan
  • Pesimis
  • Tidak disiplin
  • kurang kerja keras
  • Tidak tekun.

Bisa jadi, itu beberapa penyebab dari sekian banyak penyebab kegagalan. Namun bagaimana cara kita menyikapi kegagalan ini ? Inilah yang harus kita perhatikan, jangan sampai kegagalan membuat kita semakin gagal dalam pencapaian yang di inginkan. Padahal ada hikmah tersirat di balik kegagalan yang kita alami. Lalu bagaimana kita menyikapinya, inilah yang terpenting.


Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Mungkin kamu sudah sangat hapal dengan kata diatas. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda ini sangat benar,tapi untuk memiliki keyakinan kuat seperti ini bukanlah hal yang mudah. Banyak kita yang berpikir sebaliknya, kegagalan itu keberhasilan yang sirna. Padahal dengan mengalami kegagalan keberhasilan yang kita inginkan itu belum sirna hanya tertunda saja untuk berhasil. Tiba pada waktunya keberhasilan itu akan tercapai dengan lebih sering lagi mencoba.


Semakin sering mengalami kegagalan, keberhasilan itu semakin dekat.

Kita harus yakin  semakin sering kita gagal maka keberhasilan itu sesungguhnya semakin dekat. Mungkin saja ketika kamu mencoba 9 kali, lalu gagal dan berhenti melakukannya, bisa saja saat yang ke 10 kamu akan berhasil. Jika kamu berhenti sampai di ke 9 mana bisa kamu berhasil, karena keberhasilan itu ada pada kali ke 10 nya. Kamu juga sangat rugi berhenti mencoba. Padahal keberhasilan kamu sudah sangat dekat, tinggal selangkah lagi.


Kegagalan membuat kita lebih tangguh mencapai keberhasilan.

Dengan semakin sering gagal, ketahanan kita untuk mendapatkan keberhasilan lebih besar. Kita sudah terbiasa dengan kegagalan, ketika kita gagal kita sudah terbiasa. Dan yang namanya kegagalan bukan masalah lagi.


Memiliki banyak strategi menyusun keberhasilan.

Kegagalan akan membuat kita berpikir lebih keras untuk berhasil. Dengan kegagalan  Kita tau apa yang kurang dan apa yang salah dalam mencapai keberhasilan yang di inginkan. Dengan begitu kita memiliki strategi yang lebih baik lagi untuk mencoba lagi. Sehingga ketika gagal kota memiliki lebih banyak strategi meraih keberhasilan.
Lihatlah bagaimana seorang albert einstein dalam perjalanannya

Ia baru menemukan keberhasilan atas penelitian nya setelah mengalami kegagalan 999 kali. Keberhasilan baru ia dapatkan pada percobaan yang ke 1000 kali. Ia berhasil karena ia yakin bahwa kegagalan itu sebuah keberhasilan yang tertunda. Coba ia berhenti pada percobaan yang ke 999 yang gagal itu, maka ia tidak akan pernah memperoleh keberhasilan. 
Lalu bagaimana dengan kita, sepeti apa kita memaknai dan memandang sebuah kegagalan ? Sikapilah sebuah kegagalan itu dengan bijak, maka kegagalan itu akan mendatangkan keberhasilan.



#30DWC




Tidak ada komentar:

Posting Komentar