Kamis, 26 November 2015

Pengalaman : Orang Tua Harus Mengawasi Anak (#30DWC)



Kemarin waktu di perjalanan pulang dari sekolah saya dapat surprise di perjalanan. Sayangnya surprise itu gak nyenengin banget, yang ada kejadiannya bikin saya kesal abis. Saya bilang ini surprise karena kejadian ini kejutan yang gak menyenangkan, juga ada pelajaran yang tersirat dari pengalaman saya kemarin.

Jadi ceritanya gini, kemarin saya pulang sekolah seperti bisanya. Saya melewati jalan yang tiap hari saya lalui seperti biasanya, kendaran yang saya gunakan untuk sekolah itu sepeda motor. Saya gak pernah bawa mobil ke sekolah, gimana mau bawa mobil, mobilnya aja gak punya.haha

Motor saya jalannya santai banget, karena kemarin udara bersahabat. Gak panas juga gak hujan, jadi perjalanan lebih menyenangkan. Simple nya saya menikmati perjalanan kemarin, sekolah saya juga gak diperkotaan alias di desa. Di sepanjang jalan keindahan alam terlihat mempesona. Persawahan yang mulai di garap, ada juga yang udah ditanami membuat variasi keindahan di sepanjang jalanan. 
Kok saya jadi bahas keindahan perjalanan gini yah, padahal sebenarnya bukan ini yang mau saya bahas. Anggap aja cerita tadi bonus:J

Jadi ceritanya gini. Pas lagi santai mengendarai motor. Tiba-tiba aja..... Apa yang terjadi ? Motor saya hampir nabrak kerbau di jalanan. Bukan-bukan, saya hampir nabrak anak kecil yang lagi main di jalan raya sama teman-temannya, kira-kira umur mereka sekitar 3-5 tahunan gitu. Iya 3 tahun, mereka main di jalan raya tanpa pengawasan orang tua atau orang dewasa seorang pun.

Untung aja motor saya jalannya pelan, awalnya mereka main di pinggir jalan raya. Karena dari jauh sebelum hampir nabrak mereka saya udah ngeliat mereka. Tapi saya tetap jalan karena mereka cuma main di pinggir sambil jalan-jalan bareng gitu. Ternyata salah satu dari anak-anak itu ada yang bawa bola yang ukurannya sedang. Tiba-tiba pas motor saya udah dekat ke mereka, yang megang bola melempar bola yang di pegangnya tadi. Spontan hampir semua anak-anak itu berlarian ke tengah jalan raya untuk mengambil bola yang di lempar tadi. Saya kaget banget waktu itu, karena hampir menabrak, untung motor saya jalannya pelan. Jadi ngerem mendadak sebelum sampai ke mereka. 

Kemudianaya tegur anak-anak itu untuk pulang dan jangan main di jalan raya saya bilang jangan main di jalan raya dek bahaya, sana pulang kerumah ajak adik -adik pulang nanti di tabrak kendaraan , kalau di dimarahi percuma kasihan mereka masih anak-anak gak tau apa-apa. Namanya juga anak kecil, teguran saya gak digubris mereka tetap aja jalan tanpa menguraikan ucapan saya. Saya lanjutin lagi perjalanan saya.

Kesimpulannya orang tua harus lebih memperhatikan anak mereka, apalagi anak yang masih balita karena balita itukan sampai umur lima tahun. Apalagi yang rumahnya dekat sama jalan raya, itu resikonya tinggi. Kalau udah celaka nanti yang repot juga orang tua. Bukan hanya yang berdekatan sama jalan raya aja. Orang tua atau keluarga seperti kakak, abang, tante, paman . Perhatikan dan jaga anak itu dengan baik.





#30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar