Selasa, 24 November 2015

7 Kalimat yang Dipandang Mulia Oleh Allah dan Malaikatnya ( #30DWC )


Minggu kemarin kami dikasih tugas baca pidato yang dibikin sendiri. Itu kesempatan besar yang gak boleh di lewatkan. Kesempatan membaca, yaitu membaca kesempatan. Ini tugas bahasa indonesia. Dari sekian banyak pidato ada satu yang saya ingat sampai sekarang, karena materi nya menarik juga mudah di ingat. Sebenarnya masih banyak materi pidato lain yang temanya menarik. Tapi pada tulisan kali ini saya tulis yang ini dulu ya. Karena lebih mudah di ingat.hehe

Pidato teman saya ini judulnya 7 Kalimat yang Dipandang Mulia Oleh Allah dan Malaikatnya oleh Reni Adelina. Ini berguna banget untuk kehidupan kita, karena kita sering melalaikan yang sepertinya kelihatan kecil. Padahal ini berguna, manfaatnya juga sangat besar. Itulah sebabnya kenapa saya bilang ini menarik juga bermanfaat.

Oke lansung kita mulai aja ya. Ini intisari pidatonya.

Membaca basmalah ketika memulai mengerjakan sesuatu.

Seperti yang kita tau kalimat bismillahirrahmanirrahim ini artinya Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha penyayang. Langkah baiknya ketika kita akan mengerjakan sesuatu membaca nama allah. Pekerjaan kita akan lebih terasa baik, insya allah akan lebih mudah.

Contohnya sebelum belajar membaca basmalah, kita akan merasa lebih nyaman dan pelajaran lebih mudah di pahami ketika memulai dengan menyebut nama allah daripada ketika tidak membacanya. Kita akan merasakan perbedaan yang jauh ketika memulai dengan membaca basmalah dengan yang gak baca basmalah. Buktikanlah !


Selesai mengerjakan sesuatu membaca hamdalah.

Membaca hamdalah yang kalimatnya alhamdulillahirabbil'alamin adalah wujud syukur kita kepada allah terhadap apa yang allah berikan kita. Maksudnya kita bersyukur apa yang kita kerjakan allah beri kemudahan sehingga dapat terlaksana. Seperti ketika selesai belajar hendaknya kita mengucapkan alhamdulillah atas kemudahan dan kesempatan yang allah kasih sehingga proses belajar dapat kita selesaikan.


Apabila hendak mengucapkan sesuatu mengucapkan insya allah.

Ini yang sering kita abaikan. Kita dengan mudah mengucapkan sesuatu yang belum tau apakah itu bisa kita lakukan atau tidak. Udah kayak kita yang ngatur semuanya, padahal apa pun yang ada di dunia ini atas izin allah. 

Besok kita bikin tulisan lagi ya. Kita mengucapkan ini dengan mudah tanpa mikir apakah besok kita memang benar-benar bisa melakukan itu. Apakah besok umur kita masih nyampe buat ngelakuin itu.  Maksudnya jika kita ingin mengucapkan sesuatu ikutkanlah kalimat insya allah dengan kata lain kita melakukan sesuatu itu jika allah mengizinkan. Jika tidak apa boleh buat itu yang allah beri untuk kita, kita gak terikat lagi dengan sesuatu yang belum pasti kita lakukan.


Bila terlanjur berkata sesuatu yang tiada guna maka membaca istighfar.

Kalimat ini yang harus kita perbanyak membacanya dalam kehidupan kita. Sering meminta ampun kepada allah. Karena kita ini jiwa yang di penuhi dengan salah dan dosa. Dengan sering membaca istighfar kita berharap allah mengampuni kita, karena ia dapat yang maha memberi ampunan. Jadi perbanyaklah membaca istighfar.


Mengucapkan subahanallah bila menemui sesuatu yang indah.

Memuji allah, hal yang wajib bagi kita. Apalagi ciptaan allah itu sungguh indah hendaknya ketika mengagumi ciptaannya kita membaca kalimat subahanallah ini. Karena dialah dzat yang maha suci yang menciptakan segala sesuatu dengan indah yang ada di semesta ini.


Mengucapkan inna lilahi wainna ilaihi raaji'un ketika di timpakan musibah.

Kalimat ini gak hanya di ucapkan ketika ada orang yang meninggal aja. Kalimat ini kita ucapkan ketika ada musibah. Sepeti ketika ada musibah kebakaran maka hendak kita membaca kalimat ini. Karena artinya datang dari allah dan kembali kepada allah. Nah harta yang kebakar  itukan datangnya dari allah, ketika di timpakan musibah kebakaran berarti allah mengambil kembali harta yang ia titipkan kepada kita. Maka hendaknya ketika kita di timpa musibah bacalah kalimat ini.


Bila menemui sesuatu yang dirasa berat maka mengucapkan laahaula walaa quwata illa billah serta di ikuti dengan laa ila haillallah.

Apa pun yang kita hadapi dalam kehidupan ini, kita harus senantiasa mengingat allah agar apa yang kita jalani menjadi lebih mudah. Apalagi itu sesuatu yang berat. Jika kita menemui sesuatu yang dirasa berat maka bacalah kalimat ini.

Apakah kita sudah mengamalkan dan membiasakan membaca tujuh komit ini ? Mari kita biasakan untuk membacanya. Karena ahli fiqih Abdul Laits mengatakan:

Barang siapa yang membiasakan  mengucapkan tujuh kalimat diatas, maka dia mulia menurut pandangan Allah dan malaikatnya. Dia akan mendapat ampunan dari-NYA. Sekalipun dosanya sebanyak buih di lautan, dia dapat merasakan manisnya taat, dan hidup serta matinya senantiasa baik.

Subahanallah.....

#30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar