Senin, 23 November 2015

Jati Diri Sudah Ada Pada Diri Kita (#30DWC )



"Mencari jati diri"  

Pernah mendengar kata ini ? Atau kamu sendiri sedang mengalaminya.  Terutama kita remaja, pencarian jati diri adalah salah satu ambisi yang rasanya gak pernah ada akhirnya. Pencarian jati diri sangat penting karena melalui proses inilah kita ( remaja ) bisa mengenali diri kita dan mempersiapkan masa depan lebih terarah dengan mengembangkan potensi yang kita miliki. Oh ya, jati diri itu pengenalan terhadap diri kita tentang siapa sebenarnya kita ini. Atau bisa dibilang siapa kita sesungguhnya.
Sebenarnya jati diri gak perlu di cari, hanya perlu disadari.

Tadi katanya pencarian jati diri itu penting, kok sekarang bilang gak perlu di cari. Jadi mana yang benar ? Yang benar ya gak perlu di cari, kenapa ?. Karena setiap manusia punya jati diri masing-masing. Jati diri kita sudah ada sejak kita kecil. Jadi untuk apa lagi mencari sesuatu yang udah ada.

Jati diri gak pernah hilang dari diri kita. Jati diri juga gak bisa dicuri. Jadi apalagi yang mau di cari. Kita hanya perlu menyadari jati diri kita sebenarnya. Dengan cara membongkar jati diri kita. Tentunya dalam membongkar jati diri itu di perlukan proses yang benar supaya gak salah arah.

Jadi bagaimana cara membongkar jati diri itu sebenarnya ?

Proses membongkar jati diri itu di mulai ketika kita memasuki usia remaja, karena pada usia ini rasa ingin tau kita sangat besar sehingga, pada masa ini kita ingin tau ini, ingin tau itu. Tentunya kita akan terlibat dalam sekelumit masalah dan persoalan.

Ketika kita menghadapi suatu masalah pasti kita ingin mendapatkan penyelesaian bukan ? Kita akan mencari solusi dan bagaimana caranya masalah yang kita hadapi bisa segera ada penyelesaian. Nah cara kita menghadapi masalah dan rintangan inilah yang akan menuntut seseorang  dalam membongkar jati diri kita.  

Cara membongkar jati diri :

1. Jadilah diri kita sendiri dalam setiap persoalan

Ketika kita menjadi diri orang lain, kita gak bakal bisa tau siapa jati diri kita sebenarnya. Menjadi orang lain bukan mencari jati diri namanya, yang ada mencari jati diri orang.hehe

2. Gali potensi diri kita

Ini sangat diperlukan, dengan menggali potensi yang ada pada diri kita akan tau bagaimana kemampuan kita sebenarnya dan apa yang kita minati.

3. Dengarkan kata hati

Dengan mendengarkan kata hati kita, proses membongkar jati diri akan lebih mudah. Hati itu gak pernah salah dan gak bisa bohong. Jadi jangan sekali-kali mengabaikan kata hati kita. 

4. Jangan pernah menutup diri

Jika kita selalu menutup diri bagaimana kita membongkar jati diri kita. Contohnya orang yang menutup diri, dia sulit dikenal  teman-temannya. Begitu juga kita. Jangan pernah menutup diri terhadap sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pembongkaran jati diri yang sebenarnya jika gak ingin salah jalan. 

Proses yang saya tulis disini gak bisa dibilang seluruhnya benar. Karena konsep yang benar itu konsepnya allah yang menciptakan kita yang ada dalam al qur'an. Sedangakan saya hanya ciptaannya, yang berusaha memberi solusi. Jadi jika gak ingin salah jalan ya pakai konsep allah. Karena gak ada yang lebih mengetahui jati diri kita selain-NYA, dzat yang maha mengetahui.



#30DWC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar